29 November 2012

(Before) KL Trip

Buat lo yang penasaran sama Kuala Lumpur dan pengen banget ke sana, kali ini gue akan sedikit share perjalanan gue ke Kuala Lumpur bulan lalu. Tapi sebelum gue sharing, ada beberapa hal penting yang perlu banget lo siapin sebelum berangkat. Ini diaaaaa :
1. Tiket
Persiapkan tiket pesawat lo, kalau udah pasti mau berapa lama disana sebaiknya langsung beli tiket PP supaya lo ngga kerepotan dan ngga bingung lagi cari tiket balik. Maskapai penerbangan untuk ke KL banyak ko tinggal pilih aja yang menurut kalian nyaman. Tapi kalo gue, karena kocek gue ngga banyak, gw hunting tiket murah. Air Asia. Hunting dari jauh-jauh hari ya, kemarin gue booking tiket sekitar bulan Mei. Tiket yang gue beli bukan promo sih tapi lumayan lho, gue dapet tiket PP Rp 350.000,-. Nah kalo tahun 2011 lalu, gue dapet promo Rp 0,- . Asyik kan? hehe
Ok! setelah tiket udah siap, gue sarankan untuk langsung check-in tiket online, kenapa? supaya lo ngga perlu antri panjang untuk check-in di Bandara. Setelah itu jangan lupa ya tiketnya di PRINT!
Disimpan baik-baik dan jangan sampai hilang. Untuk jaga-jaga, print tiket sebanyak 2 lembar.

2. Pasport
Untuk lo yang baru pertama kali keluar negri, persiapkan paspor! Teknologi udah semakin berkembang, lo bisa buat paspor secara online. Nih linknya Paspor Online , prosesnya mudah ko. Jadi nanti setelah input data via online lo akan dikasih surat panggilan dari Kantor Imigrasi untuk foto, dll. Tempat pembuatan paspor juga ngga harus sesuai dengan daerah asal lo. Misal gue, gue kuliah di Solo tapi gue domisili di Tangerang, gue bisa buat Pasport di Solo dan ngga perlu di Tangerang. 
Biaya yang harus dikeluarkan, gue ngga tau pasti ya kalo sekarang. Dulu gue kena Rp 350.000,-.
Oiya, sekedar ingetin aja, bagi lo yang udah punya pasport nih, sebelum berangkat check dulu expired date paspor lo. Karena kalo paspor lo sudah mendekati tanggal expired (kurang dari 6 bulan) lo ngga bisa berangkat. Jadi perpanjang dulu yaa pasport-nya.
Setelah paspor siap, untuk jaga-jaga lagi nih sebaiknya lo fotocopy paspor.

3. Uang
Penting banget nih untuk yang satu ini. Tukar uang di money changer yang kasih harga rendah, atau kalo lo jago dalam hal tawar menawar, lo tawar aja. Uang yang lo tukar secukupnya aja tergantung kebutuhan lo disana. Tapi kalo lo takut uang lo nantinya kurang, lo cukup bawa cadangan uang rupiah aja. Disana banyak banget money changer bertebaran, tapi ya harganya lebih tinggi dari pada di Indonesia.

Perhatikan dengan seksama ya 3 poin diatas, gue menyarankan lo untuk menaruh ketiga poin penting itu dalam satu wadah dan dijaga baik-baik. 

4. Penginapan
Penginapan disana banyak, mulai dari hostel bacpakcers yang murah meriah sampai dengan Hotel bintang 5 yang tarifnya selangit. Balik lagi ke kocek yang gue punya. Gue lebih memilih stay di apartment yang letaknya di atas Mal Fahrenheit88 kawasan Bukit Bintang, harganya relatif murah, tempatnya bersih banget dan lokasinya sangat strategis. Tapi untuk apartment yang satu ini, lo harus booking dari jauh-jauh hari, karena apartement ini selalu penuh pengunjung apalagi kalo high season. Nih linknya Apartment Murah . 

5. Peralatan Pribadi
Untuk peralatan mandi atau produk kecantikan lainnya, jangan bawa yang size besar, terutama untuk yang liquid. Cukup bawa yang kemasannya kecil. Kalo kamu bawa produk liquid dengan size  yang tidak diperbolehkan maka barang-barang tersebut akan disita oleh petugas imigirasi dan jangan harap bisa kembali. Kalau masalah pakaian, gue ngga pernah dan ngga suka ribet. Bawa pakaian secukupnya aja, selain emang ngga suka ribet, gue bisa masukin belanjaan gue di koper. Jadi, ngga perlu kan beli bagasi? :)

6. Peta
Peta penting banget nih dibawa, apalagi yang baru pertama kali kesana. Peta juga ada kan di smartphone? jadi ngga perlu repot lagi cari peta. Tapi kalo kamu males gunain peta di smartphone, biasanya di bandara tersedia peta dan beberapa brosur tempat wisata yang bisa kamu ambil.

7. Kamera
Ngga asik kan ya kalo pergi kesuatu tempat tapi ngga diabadikan? Bawa deh kamera, entah pocket atau DSLR. Di sana lumayan banyak obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

8. Tumblr/Botol Minum
Kalo pergi kemana-mana gue selalu bawa yang satu ini sih dan gue menyarankan kalian untuk bawa tumblr. Go green lah :)


Itu dia 8 poin yang menurut gue penting dan harus kalian persiapkan! Jangan sampai ada yang ketinggalan yaaa, persiapkan jauh-jauh hari :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar