18 Juli 2013

Urban Zakapa (어반자카파)

Urban Zakapa?
Mungkin bagi kalian yang bukan pecinta musik K-Pop terlebih lagi K-Indie, nama Urban Zakapa masih terdengar cukup asing. 
Urban Zappy. Kaleidoscopic. Passionate merupakan sebuah grup K-Indie beraliran musik campuran indie, jazz, R&B, dan soul akustik modern. Urban Zakapa membagi personel mereka menjadi vokalis dan pemain musik. Yaaa bisa dibilang mirip seperti Maliq n d'essential. Dengan 3 vokalis yang memiliki suara super keren dengan karakter yang berbeda-beda, yakni Kwon Soon-il, Park Yong-in, dan Jo Hyuna, group yang sudah ada sejak tahun 2009 berhasil menarik perhatian gue. Urban Zakapa sangat mengobati kebosanan gue dengan K-Pop yang itu-itu aja.hehe
Well, 3 vokalis ini merupakan teman dari kecil, dan mereka menulis, compose, serta produce musik mereka sendiri. Sejak debut pertamanya, Urban Zakapa sudah mengeluarkan 5 album yang terdiri dari full album, mini album dan single untuk project featuring maupun soundtrack drama. Album tebaru mereka dirilis bulan Oktober 2012 lalu, dengan hits andalan 'I Hate You', sebuah lagu ballad yang berhasil menduduki peringkat 9 dalam sebuah chart musik di Korea dan hanya satu nomor di bawah 'Gangnam Style' milik Psy.
Pada awal kemunculannya, Urban Zakapa tidak banyak terekspos oleh media Tv ataupun cetak, mereka lebih dikenal di media online, seperti youtube dan lewat obrolan dari mulut ke mulut.
Gue tau Urban Zakapa ini juga dari saudara gue yang suka sama K-Indie dan K-Pop, dia kasih gue 3 album Urban Zakapa dan maksa gue untuk dengerin. Berhasil! Urban Zakapa menghipnotis gue, i love them. Sekarang udah 1 tahunan gue ngefans sama mereka, hampir semua lagunya gue suka. Beberapa lagu mereka yang ngga pernah bosen gue putar ulang terus-terusan itu 'My Love', 'Drinking Coffee (커피를 마시고)', 'Crush', 'Always be Mine','Cafe Latte', 'To Me Again (내게 다시)', 'Back in That Day', 'I Hate You', daaaaan masih banyak lagiii.
Pokoknya semua lagu mereka itu ciamik lah! Dan yang paling penting selalu bisa bikin mood gue membaik.
Nah, buat kalian yang penasaran dengan Urban Zakapa nih ada dua live performance mereka di youtube. You're gonna love them!
Enjoy the show :)

Live Performance-My Love



Life Performance-Drinking Coffee

Album Urban Zakapa dari urutan yang paling baru sampai dengan album pertama :)

                       02
                       Tracklist
                       1.Reunion
                       2.Breeze
                       3.I Still Believe
                       4.Same Love Same Separation
                       5.Back In The Day
                       6.No Love
                       7.Fly
                       8.June 14th
                       9.Emptiness
                       10.I Hate You
                       11.River


5 komentar:

  1. tumben nih nulis tentang review album. album K-Indie lagi. hehe hmmm, apa memang orang2 Pisces itu menyukai musik2 yg kurang mainstream ya??

    kalo dilihat dari genreny "jazz, R&B, dan soul", sepertinya harus extra keras nih menikmati lagu2 mereka. *bagi saya pribadi lho ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga review album sih mas, introducing group yg ga banyak orang tau hehe
      wah mungkin pisces gitu, kalo aku emang suka cari-cari penyanyi atau group yg suara dan lagunya asik tp ngga mainstream..

      waah mas pondra ga suka genre itu yaa? aku suka banget, pengantar tidur tuh haha

      Hapus
  2. oh i see. emang sih pisces itu suka yg gak mainstream. hhe *aku juga pisces lho

    yup. untuk genre tsbut ak gk begitu ngeh sih. tp setelah aku dengarkan dan ambil kesimpulan, musik seperti itu enak sih klo didengerin pas sambil ngerjain sesuatu (ngeblog atau pas kerja mungkin) atau lagi nyantai di kafe gitu.

    intinya, klo buat aku pribadi musik2 sperti Urban Zakapa tetep bisa aku nikmati sebagai musik latar, tp klo sebagai musik yg butuh didengarkan secara serius spertinya gk bisa deh. hhe

    Ayo Raisa (aku panggil Raisa aja ya, biar kayak penyanyi. hhe)review dan introduce artis2 non-mainstream yg lain. :)

    BalasHapus
  3. Urban zakapa :3 cinta bgt nih sama gruop indie ini... xixixi

    BalasHapus